Rini Soemarno: Generasi Milenial BUMN Semakin Kreatif Dan Inovatif

Menteri BUMN RI Rini Soemarno mengungkapkan bahwa generasi milenial memiliki pengaruh besar dalam pembangunan di Indonesia. Terlebih, generasi milenial yang dimiliki BUMN saat ini sudah semakin kreatif dan inovaif, sehingga perlu diberikan peran dalam yang lebih besar terutama dalam meningkatkan sinergi antar BUMN. Menteri BUMN juga menegaskan bahwa sinergi antar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah berjalan dengan baik.

Hal ini diungkapkan Menteri BUMN usai membuka gelaran Rapat Koordinasi (Rakor) BUMN 2018 di Bontang, Kalimantan Timur. Kegiatan Rakor yang dilaksanakan selama 3 hari, pada 27–30 Oktober ini memiliki tujuan untuk meningkatkan sinergi antar perusahaan BUMN, menjadi wadah sharing dan transfer knowledge antar perusahaan BUMN, dan mempertajam leadership, wawasan, serta semangat kolaborasi antar perusahaan BUMN.

Direktur Utama PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) H.M. Sattar Taba berserta ratusan petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut serta dalam mengikuti Rakor BUMN 2018. Dimana Tahun ini, tema yang diusung dalam Rakor BUMN 2018 ini “Semangat Sinergi untuk Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Tak hanya dihadiri pejabat tinggi BUMN, rakor tahun ini juga melibatkan milenial dari berbagai BUMN di Indonesia. Perwakilan generasi milenial dari KBN adalah Jihadi Dawam Wicaksono yang merupakan Ketua Tim Cyber Milenial KBN Persero.

Total peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut 289 orang yang terdiri dari perwakilan kementrian BUMN 60 orang, Direktur Utama BUMN 148 orang, Direktur Keuangan Holding BUMN 6 orang, perwakilan media 36 orang, dan milenial BUMN 148 orang. Selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, peran milenial saat ini juga penting mengingat mereka memiliki banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya. Baik dari segi semangat, motivasi, pekerjaan dan idealisme.

Generasi milenial memiliki ciri khas anak muda yang aktif dan menyukai tantangan dalam mewujudkan mimpinya, mereka bekerja bukan hanya untuk mencari uang, namun proses belajar untuk mencari pengetahuan, pengalaman, relasi, dan kesempatan. Pada gala dinner yang dilaksanakan Minggu (28/10), para Direktur Utama BUMN berbaur bersama para milenial BUMN dan awak media.

Sebelum membuka secara resmi Rakor BUMN 2018, Menteri Rini Soemarno bersama jajaran Eselon I Kementerian BUMN dan seluruh Direktur Utama BUMN melakukan Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018 di Stadion Mulawarman yang terletak di kawasan Industri PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), entitas usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda di Stadion Mulawarman.

Adapun yang bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Persero) Dendi Anggi Gumilang bertindak sebagai Pemimpin Upacara, Direktur Utama PT TWC (Persero) Edy Setijono sebagai pembaca teks kongres 1928 dan Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang sebagai Pembaca Doa.

"Pada kesempatan Hari Sumpah Pemuda ini, saya berharap para generasi muda Indonesia bisa semakin kreatif dan inovatif. Juga turut menularkan semangat positif membangun Indonesia yang lebih baik lagi," kata Rini usai menjadi peserta Upacara Sumpah Pemuda di Bontang, Kalimantan Timur 28 Oktober 2018.

Rini mengatakan, Kementerian BUMN dan para BUMN juga berkomitmen untuk mendukung para generasi milenial agar bisa berkarya, bersinergi dan berkontribusi nyata untuk Indonesia yang lebih baik. Rini menambahkan "Penting bagi kami untuk mewadahi semangat para milenial yang banyak memiliki ide-ide positif dan inovatif. Sehingga gagasan tersebut bisa menjadi salah satu kunci membawa perubahan bagi Indonesia. 

Dia juga menjelaskan bahwa tujuan dari Rakor BUMN adalah untuk tukar pikiran, apa kekurangan, bagaimana sinergi antar BUMN, mana yang perlu masih ditingkatkan. Apabila telah berkomitmen maka harus dijalankan. “Dan selama ini komunikasi antar BUMN juga telah bagus sehingga sinergi antar BUMN berlangsung dengan baik,” kata Rini.