RSU Pekerja KBN Makin Diminati Masyarakat

RUMAH Sakit Umum & Pekerja KBN yang kini beroperasi atas kerjasama dengan RS Pelni semakin dipercaya masyarakat sekitar. Angka kunjungan sejak kerjasama dengan RS Pelni efektif berjalan September 2018 lalu, terus naik cukup signifikan.

Direktur Utama RSU Pekerja KBN, dr Merty Supriharti menyebutkan, kepercayaan yang diperoleh dari masyarakat tak lepas dari perubahan sistem dan budaya kerja di rumah sakit yang dipimpinnya yang terus diperbarui disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Menurut dr Merty, di tengah keterbatasan jumlah SDM, pihaknya tetap mampu melayani dengan prima dengan mengoptimalkan tenaga yang ada. Untungnya, tenaga-tenaga medis yang ada sekarang semuanyanya sudah berpengalaman.

Untuk pemasaran, pihaknya secara rutin menurunkan tim ke masyarakat. Tim yang dipimpin langsung Dirut RSU Pekerja ini mendatangi Posyandu, RT, RW, Puskesmas, dan komunitas-komunitas yang ada di sekitarnya, seperti Kelurahan Sukapura, Semper Barat, Semper Timur, bahkan sampai Cilincing.

Untuk lebih mengefektifkan peran serta masyarakat, dibentuk tim khusus yang berasal dari masyarakat. Tim dari unsur masyarakat yang bekerjasama dengan RSU Pekerja ini bertugas mengurus segala hal tentang pasien, mulai dari mencari, mengurus segala hal, termasuk BPJS bahkan sampai mobil buat membawa ke RSU Pekerja.

Dampak dari program tersebut, sekarang tingkat kunjungan pasien sudah naik cukup menggembirakan. Unit rawat inap pun naik beberapa kali lipat.

Target berikut yang kini segera dimasuki menurut dr Merty, masyarakat kelas menengah di Kelapa Gading. Ia yakin mereka akan melirik berobat di RSU Pekerja yang fasilitas dan peralatannya cukup lengkap.

Pihaknya, lanjut dr Merty, memang terus memperkenalkan kelebihan RSU Pekerja ini. Meski masih masuk RS tipe C, tapi sebenarnya dari segi peralatan sangat mendekati rumah sakit tipe B. Peralatan yang modern dan baru itu tidak banyak dimiliki sejumlah rumah sakit terkenal di Jakarta Utara dan sekitarnya, termasuk di kawasan Kelapa Gading. Itulah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik dan kemudian ikut berkontribusi bagi peningkatan kunjungan pasien di RSU Pekerja.

Saat ini RSU Pekerja KBN memiliki peralatan modern seperti CT Scan, mammografi, C-Arm, dan radiologi. Malah dalam waktu dekat juga alat hemodialisa untuk melayani masyarakat yang cuci darah juga akan segera disiapkan. Peralatan cuci darah itu merupakan hasil kerjasama dengan pihak di luar RSU Pekerja.

“Masih banyak program yang akan kita jalankan. Dari respon yang berjalan, saya sangat optimis target-target yang kita sampaikan kepada pimpinan KBN bisa tercapai, bahkan mudah-mudahan terlampaui,” kata dr Merty optimis.

 

sumber : https://www.infokbn.com/index.php/kunjungan-terus-meningkat-rsu-pekerja-kbn-makin-dipercaya-masyarakat-sekitar